Skill Level
Beginner
Categories
Web Development
Reading Time
2 minutes, 39 seconds
Technology
No technology
Framework
No framework
Library
No library
Web Development - Perkenalan

Ketika kita mendengar kata Web Development mungkin sudah tidak asing lagi karena belakangan ini kian marak dan “gila” dunia Web Development ini, bagaimana tidak? Pada dunia pengembangan web ini sekarang sudah tersedia HTML dengan versi 5, dengan HTML5 ini bukan hanya dapat membuat website yang sekedar website, namun kita dapat membuat Mobile Application, Game, dll. Tentu semua itu tidak dikerjakan oleh HTML5 sendirian, HTML5 membutuhkan JavaScript untuk membantu melakukan itu semua. Ini salah satu alasan kenapa kita harus ikut terjun kedalam dunia pengembangan web.

Perlu diingat, buku ini hanya akan membahas seputar pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript dan lain sebagainya yang terkait dengan pengembangan web. Buku ini tidak akan membahas tentang membuat game, membuat aplikasi seluler, meretas satelit, mencari jodoh atau apapun yang tidak ada kaitannya dengan pengembangan web.

Selain itu, menjadi pengembang web itu menyenangkan, kenapa? Karena kita tidak harus melakukan kegiatan pengembangan web atau "ngoding" di kantor kita bekerja, namun kita bisa melakukan itu di mana saja tentu itu akan menyenangkan dan sangat menghemat biaya produksi sebuah website. Itu tidak hanya dapat dilakukan seorang pengembang web saja tetapi pengembang perangkat lunak lainnya pun dapat melakukan hal yang sama.

Di Indonesia (dilansir dari Kompas.com) pada tahun 2011 rata-rata gaji menjadi seorang pekerja Teknologi Informasi (TI) untuk skill Web Development dan pengalaman kerja kurang dari 5 tahun akan mendapat gaji sebesar Rp. 41,045,231 per tahun. Jika dibagi selama 12 bulan, maka per bulan sebesar Rp. 3,420,435. Namun, terkadang tidak sesuai kenyataan di lapangan, bisa jadi Anda digaji lebih rendah atau lebih besar dari itu. Semuanya kembali ke perusahaan tempat Anda bekerja. Mencari pekerjaan sebagai web development di Indonesia tidak begitu sulit bila skill yang kita miliki sudah lumayan dan portofolio yang kita miliki juga sudah cukup banyak. Karena, perusahaan software house umumnya memprioritaskan kandidat yang memiliki kriteria tersebut. Apakah Anda tertarik untuk ikut menjadi seorang web developer berikutnya?

Referensi: https://tekno.kompas.com/read/2011/01/07/1632242/ini.dia.rata-rata.gaji.pekerja.it.di.indonesia

Topik:

Muhamad Nauval Azhar
5 months ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

Pecinta Alam (Mbah dukun)

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!