Setup Menus in Admin Panel

Jagalah Keharmonisan Team Kamu

Ketika kita bekerja secara individu atau sendiri maka kita bebas melakukan hal apa saja yang kita sukai, entah itu cara ngoding kita yang ngasal atau yang lain sebagainya karena tidak ada peraturan yang perlu kita ikuti atau walaupun ada rules yang perlu kita patuhi namun sering kali kita berkata “Bodo amat yang penting koding yang gw ketik jalan”.

Namun, berbeda lagi ceritanya kalau kamu udah berada di dalam lingkup tim, yang dimana kamu harus mengikuti semua peraturan-peraturan yang telah disepakati sebelumnya. Misal, penulisan kode yang harus rapih, pemberian nama variable yang nggak boleh ngasal, peletakkan file-file assets ataupun yang lainnya.

Nah, sekarang kita akan bahas beberapa hal yang perlu kamu jaga agar keharmonisan tim kamu tetap terjaga 😀

Konsistenlah Pada Indentasi

Dimulai dari indentasi, hal ini tergolong sangat dasar tapi jarang kita perhatikan. Namun, efek nya sangat besar pada kualitas kode yang kita tulis, karena indentasi menentukan kerapihan setiap baris kode yang kita tulis. Dengan indentasi juga anggota tim kamu yang lain jadi bisa dengan mudah memahami apa yang kamu tulis.

Saya pribadi lebih senang menggunkana indentasi “2 spaces” pada HTML, CSS dan JavaScript. Karena, selaian kode yang dihasilkan akan rapih dan juga ukuran file yang dihasilkan akan lebih ringan. Tapi, itu kembali lagi kesepakatan awal pada tim kamu, kalau tim kamu terbiasa dengan ukuran indentasi yang berbeda dengan kebiasaan kamu yaaa mau nggak mau kamu harus patuhi itu.

Berikan Komentar Pada Blok Kode Yang Sekiranya Sulit Dimengerti

Selain pada indentasi hal berikutnya adalah usahakan memberikan komentar pada blok kode yang sekiranya sulit dipahami oleh anggota lain dari tim kamu. Misalkan kamu membuat sebuah logic disuatu modul yang sedang kamu kerjakan, nah jangan lupa di setiap baris kodenya berikan komentar agar anggota tim kamu yang lain nggak kebingungan dengan apa yang kamu tulis.

Sepakati Penamaan Variable dan Function

Variable name includes: Letters a…z, A…Z. Numbers 0…9. Underscore _. First character either letters (a…z, A…Z) or underscore ( _ ) Variable name doesn’t include: Spaces. Other characters ! : # … Reserved names (int, float, void … etc) A ≠ a.

Selanjutnya adalah penamaan variable dan function. Hal ini mungkin kelihataanya sederhana, namun kamu juga perlu ingat bahwa variable dan function yang kamu buat itu mungkin saja akan digunakan oleh anggota lain di tim kamu. Jadi, buatlah nama variable dan function yang sudah disepakati sebelumnya. Misal untuk penamaan variable kamu pakai underscore, contoh:

<?php
...
class Product {
  public $product_price;
  public $product_name;
  ...
  ..
}

Sedangkan nama method kamu pakai camel-case, contoh:

<?php
...
class Product {
  public $product_price;
  public $product_name;
  
  public function findBySlug() {
    ...
  }
}

Oh iya, kamu juga perlu membedakan penamaan method di sebuah class dan function diluar class. Kalau itu tadi penamaan method yang ada di dalam class. Sekarang kamu juga perlu memberikan penamaan yang sesuai untuk function diluar class atau yang sering kita sebut helper. Nah, untuk penamaan function atau helper kamu bisa gunakan penulisan yang berbeda dengan method karena agar kamu bisa dengan mudah membedakan yang mana helper dan yang mana method. Untuk penamaan helper kamu bisa gunakan underscore, contoh:

<?php
function base_url() {
  ...
}

Kalau Kamu pake GIT, Jangan Lupa Push

Nah, ini yang paling penting. Percuma kamu ngoding panjang-panjang tapi kalau nggak di push ke GIT ya percuma. Usahakan push kode kamu se-sering mungkin, misal setiap ada penambahan fitur atau setiap perbaikan pada bug. Hal ini penting karena kode yang ada di kamu dan di teman kamu itu tetap singkron atau perbedaannya nggak terlalu jauh.

Letakkan File Pada Tempatnya

Ketika kita menggunakan library dari luar ada baiknya kita juga meletakkannya didalam satu folder yang khusus untuk menyimpan library-library yang kita gunakan lainnya. Begitu juga seperti terhadap file-file yang lainnya, ada baiknya kita juga meletakkanya kedalam folder-folder dengan nama yang sesuai dengan isinya.

Jangan Lupa Tanya Progress Ke Teman Kamu

Walaupun kamu seorang coder, programmer atau tukang koding yang terkenal menyendiri dan benci dengan keramaian tapi jangan lupa juga untuk berkomunikasi dengan anggota tim yang lainnya. Seperti tanya soal kabar, tanya soal kondisi kesahatan dan tanya soal progress fitur yang sedang mereka kerjakan. Hal ini cukup penting karena jangan sampai ketika bos kamu menanyakan progress fitur yang sedang dikerjakan teman kamu dan kamu jawab “nggak tahu”.

Final Words

Intinya, ikutilah aturan-aturan yang sudah diberlakukan dan disepakati oleh tim kamu karena itu juga demi kebaikan semua anggota yang berada didalamnya. Walaupun kamu menggunakan framework yang katanya penulisan kode bakal rapih tapi kalau dari kamunya aja nggak “bener” ya percuma aja, kan?. Demikian postingan ini, semoga Allah selalu memudahkan urusan kita semua.

Digital Ocean baner

December 28, 2017
Copyright © Kodinger 2018. Powered by Multinity

X