Integrasi Webmail Dengan Gmail

Ketika kamu memiliki server dengan control panel cPanel maka di sana terdapat fitur Webmail. Webmail merupakan sebuah fitur pada cPanel untuk memudahkan kamu dalam mengirim dan menerima email, tentunya email yang dibuat dengan Webmail dapat menggunakan domain yang terhubung dengan server tersebut. Misal, hi@kodinger.com,  hi@multinity.com atau yang lainnya.

Mengelola akun email yang dibuat pada Webmail maka kamu harus mengelolanya pada server kamu tersebut. Jadi, artinya kamu harus login ke server kamu menggunakan akun email yang telah dibuat dengan Webmail yang ada pada server kamu. Hal seperti ini akan menjadi ribet jika kamu sudah terbiasa menggunakan layanan email seperti Gmail, Yahoo, Outlook dan lain sebagainya. Karena kamu harus login ke beberapa tempat untuk melakukan aktivitas mengirim dan menerima email.

Pada hari ini kita akan mencoba mengintegrasikan akun Webmail dengan Gmail. Jadi, kamu bisa melakukan aktivitas mengirim dan menerima email pada akun Webmail kamu di Gmail. Tentu, akan menjadi sangat mudah, karena kamu hanya perlu login pada satu tempat maka dapat langsung mengelola beberapa akun email.

Saya asumsikan kamu sudah memiliki 1 akun cPanel dan belum memiliki akun Webmail di dalamnya. Jika sudah, maka abaikan langkah-langkah membuat akun Webmail.

Let’s gooooo!

Membuat Akun Webmail

Login ke server kamu. Untuk melakukan login ke cPanel, biasanya dapat dilakukan dengan mengakses halaman /cpanel pada akhir domain kamu. Misal, http://kodinger.com/cpanel.

Cari menu “Email Accounts” dan klik.

Buat akun email baru dengan nama yang kamu inginkan. Jika sudah, klik “Create Account”.

Sampai sini email kamu sudah berhasil dibuat.

Mengakses Webmail

Untuk mengaksesnya, klik tombol “More” pada akun email kamu dan klik “Access Webmail”.

Pilih aplikasi pihak ketiga yang didukung cPanel untuk mengelola akun Webmail kamu. Saya sarankan pilih Roundcube, karena memiliki antar muka yang lebih user friendly.

Dan di sinilah tempat kamu mengirim dan menerima email dan jangan dulu ditutup tab ini.

Mengintegrasikan Webmail Dengan Gmail

Sekarang saatnya mengintegrasikan akun Webmail yang telah kamu buat tadi dengan Gmail. Tujuannya adalah agar kamu dapat melakukan aktivitas mengirim dan menerima email pada akun Webmail kamu dengan Gmail.

Saya asumsikan kamu sudah memiliki akun Gmail dan sudah login ke dalam Gmail.

Pada pojok kanan atas terdapat tombol dengan ikon gear, klik tombol tersebut dan pilih “Settings”.

Halaman settings memiliki banyak sekali sub-menu berbentuk tab. Untuk melakukan konfigurasi akun, pergi ke sub-menu “Accounts and Imports.

Fokus pada bagian “Check mail from other accounts”, di sini saya sebelumnya sudah mengintegrasikan beberapa akun Webmail. Klik tautan “Add a mail account” dan akan membuka jendela baru.

Masukkan alamat email yang telah kamu buat sebelumnya. Saya membuatnya tadi dengan nama nauvalazhar@multinity.com.

Klik “Next” pada bagian ini.

Masukkan rincian informasi server kamu di sini. Untuk mengetahuinya, silakan kembali ke tab Webmail(Roundcube), di sana terdapat 1 pesan email yang belum terbaca, maka klik pada pesan tersebut untuk membacanya.

Isi rincian yang dibutuhkan oleh Gmail seperti berikut. Khusus pada bagian port, kamu bisa menggunakan 995 atau 110.

Jika berhasil, akan memberikan tampilan seperti berikut. Pilih “Yes” agar kamu dapat juga mengirim email ke orang lain menggunakan email yang baru kamu integrasikan tersebut.

Isi nama kamu lalu klik “Next Step”.

Hampir sama seperti sebelumnya, sesuaikan seperti berikut. Pada bagian port, kamu bisa gunakan 465 atau 587. Jika menggunakan port 465 maka pilih “Secured connection using SSL”. Jika menggunakan port 587 maka pilih “Secured connection using TLS”.

Pada bagian ini kamu perlu mengecek kembali email  di Webmail kamu, karena Gmail mengirim email konfirmasi ke Webmail.

Kembali ke tab Webmail, cek apakah ada pesan baru dari Gmail atau tidak. Jika ada, klik email tersebut untuk membacanya. Jika tidak ada, tunggu beberapa saat hingga pesan Gmail masuk. Jika masih tidak ada, kemungkinan pesan Gmail tidak masuk ke Webmail, melainkan masuk ke akun Gmail kamu, mengingat kita tadi sudah berhasil mengintegrasikannya, kan? (Di sini saya menerima email-nya di Webmail dan di Gmail)

Baca pesan tersebut untuk mendaatkan kode konfirmasi dari Gmail. Salin kode tersebut, lalu paste ke jendela Gmail yang masih terbuka. Lalu, klik “Verify”.

Jika jendela tertutup maka artinya integrasi akun Webmail dengan Gmail sudah berhasil. Sekarang kamu dapat menerima dan mengirim email melalui Gmail.

Untuk mengujinya kamu bisa mengirim email ke teman kamu atau ke email lain yang kamu memiliki. Ketika kamu akan membuat email baru, pada bagian “From”, di sana akan terdapat pilihan email lain. Daftar email tersebut berdasarkan akun yang telah kamu berhasil integrasikan dengan Gmail. Karena dalam kasus ini kamu hanya mengintegrasikan 1 akun email, maka seharusnya di sana hanya terdapat 2 akun email.

 

Final Words

Pada tutorial kali ini, kamu sudah bisa mengirim dan menerima email pada Webmail kamu melalui Gmail. Tentu, dengan seperti ini kamu akan semakin mudah, karena kamu hanya perlu login ke akun Gmail kamu dan langsung dapat mengelola beberapa akun sekaligus yang telah terintegrasi. Untuk mengintegrasikan akun Webmail lain, kamu dapat mengulang langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat.

Digital Ocean baner

Share
Muhamad Nauval Azhar

Code of a down