Tentang Login

Tidak ada fitur yang dibatasi ketika kamu tidak login, kecuali fitur yang memang membutuhkan autentikasi sebagai identitas pengguna.


Pada dasarnya, kamu dapat beraktivitas di Kodinger tanpa harus login, seperti melihat-lihat konten salah satunya. Namun, terdapat beberapa aktivitas yang memerlukan data pengguna, yang sederhananya kamu harus login untuk melakukan aktivitas tersebut, seperti berbagi tautan dari web eksternal, membuat konten post, dan lain sebagainya.

Kami tidak ingin menyulitkan diri sendiri dan orang lain dengan membuat metode registrasi yang rumit, seperti kamu harus mengisi nama, surel, nama pengguna, dan lain sebagainya secara manual. Untuk itu kami menerapkan metode yang lebih mudah, yaitu "One-click Login".

Sederhananya, metode ini memungkinkan kamu login ke sebuah situs –dalam hal ini Kodinger– dengan menggunakan akun yang kamu miliki di platform lain, seperti Facebook, Google, Twitter, dan lain sebagainya.

Sayangnya, sampai saat ini kami hanya mendukung platform GitHub dan belum mendukung platform lain, dalam kata lain kami belum mengintegrasikan platform lain ke sistem kami.

Cara Login

  1. Pastikan kamu berada di halaman Kodinger.com atau di halaman Kodinger.com/login
  2. Perhatikan tombol "Login with GitHub" yang berada di atas dan berada di sisi kanan layar komputer kamu
  3. Klik tombol tersebut dan kamu akan dialihkan ke halaman GitHub untuk melakukan otorisasi – proses ini untuk memberikan persetujuan Kodinger untuk menggunakan akun GitHub kamu sebagai data pengguna baru di situs Kodinger
  4. Klik tombol "Authorize" untuk menyetujui
  5. Kamu akan dialhikan kembali ke situs Kodinger dan kamu sudah memiliki akun baru di Kodinger

Catatan: Bila terjadi kendala pada saat login dengan akun GitHub kamu, silahkan hubungi salah satu admin Kodinger

Kenapa GitHub?

Mungkin kamu bertanya kenapa kami hanya mendukung GitHub dan kenapa harus GitHub? Sedangkan orang-orang cenderung memiliki akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, atau yang lainnya.

Alasannya sederhana, Kodinger dibangun untuk orang-orang yang sudah memiliki pemahaman seputar teknologi informasi, khususnya untuk programmer, coder, developer, atau sejenisnya. Lebih spesifiknya, untuk programmer, coder, atau developer yang berada di tingkat menengah ke bawah. Namun, pada dasarnya kami tidak membatasi untuk orang-orang dengan profesi tadi saja – situs ini dapat diakses oleh siapapun.

Tentu, tidak semua programmer memiliki akun GitHub, bisa jadi mereka menggunakan layanan Git yang lain. Tapi, karena GitHub salah satu layanan Git yang paling populer hingga saat ini, juga sudah menjadi rumah untuk komunitas open-source, maka dari itu kami memilih GitHub.

Juga, melibatkan para programmer (di Indonesia) agar menjadi pegiat open-source adalah salah satu visi jangka panjang kami.

Jadi, bila kamu belum memiliki akun GitHub, kamu dapat membuatnya secara gratis di situs resminya, yaitu GitHub.com.