Tentang Berdiskusi

Kami tidak membatasi cara orang berbicara. Semua cara berdiskusi di Kodinger di perbolehkan kecuali yang dilarang.


Manusia itu berbeda-beda, termasuk gaya bicara dan nada bicaranya. Oleh karena itu kami tidak memiliki sebuah aturan yang wajib diikuti oleh semua pengguna Kodinger agar memiliki gaya bicara yang seragam.

Saat ini, cara berkomunikasi 2 arah di Kodinger hanya ada di fitur diskusi yang ada di dalam setiap detail konten. Selain itu, sudah dipastikan kamu berdiskusi di platform selain Kodinger.

Memulai Pembicaraan

Tidak semua konten di dalamnya terdapat banyak orang yang sedang berdiskusi, bahkan seringkali kotak diskusi sepi dari orang yang ngobrol. Maka dari itu kamu disarankan untuk memulai topik pembicaraan untuk "memancing" orang agar ikut berdiskusi. Sebagai pembuka topik, kamu harus membahas hal yang memiliki korelasi dengan konten yang sedang dibahas – jangan membahas sesuatu di luar tema konten.

Bertanya Tentang Konten

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar konten yang sedang dibahas, pastikan jawaban dari pertanyaan kamu tidak ada di dalam konten, atau tidak ada di dalam tautan yang direferensikan oleh penulis konten. Contoh pertanyaan yang (maaf) bodoh: "Apakah produk digital ini gratis?", ditanyakan sebelum penanya memeriksa terlebih dahulu tautan referensi atau bahkan isi konten tidak dibaca sama sekali.

Bila penulis konten menemukan pertanyaan ini, sangat disarankan untuk tidak menjawab pertanyaan tersebut –abaikan saja sebagai "hukuman"– atau kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan cara mengklarifikasinya, "Apakah kamu sudah membaca semuanya?". Semua ini demi meningkatkan literasi warga Kodinger.

Menjawab Pertanyaan

Setiap manusia sudah pasti tidak dapat terhindar dari kesahalan, termasuk kamu. Orang yang bertanya pertanyaan salah, seperti contoh sebelumnya, bagaimanapun harus dimaklum. Jangan menyimpan dendam ataupun dengki terhadap orang tersebut, bisa jadi itu kelalaian dia. Lebih baik abaikan pertanyaan yang membuat kamu kesal ketimban menjawab dengan tulisan yang membuat oran tersebut berkecil hati atau malah mengundang permusuhan.

Jawab setiap pertanyaan dengan santun, disarankan menggunakan kata sapaan, seperti: "mas", "mbak", "om", "kak", atau semacamnya. Hal seperti itu menghindari kesalahan orang lain dalam membaca intonasi tulisan kita.

Aturan

Aturan berdiskusi sama dengan yang ada di halaman aturan tersendiri.