3 Situs Favorit Tempat Download Template Website Gratis

multinity

Sebagai seorang web developer ada saatnya kita harus menghemat waktu pengerjaan sebuah project dalam membuat website. Berbagai macam cara dilakukan, seperti menambah anggota pada tim, menggunakan kode pihak ketiga dan lain sebagainya. Cara yang paling sering dilakukan adalah menggunakan kode orang lain, contohnya menggunakan template website yang sudah siap digunakan. Dengan menggunakan template yang sudah jadi, kita hanya perlu mengatur kontennya saja sesuai dengan permintaan klien.

Hari ini saya akan membahas mengenai 3 situs favorit tempat download template website gratis. Favorit menurut siapa? Tentu, menurut saya. Kenapa bisa favorit? Karena, di dalamnya menyediakan tidak sedikit template-template yang berkualitas baik dan memiliki lisensi yang mudah dimengerti dan tentunya gratis.

Let’s go …

HTML5 UP

Pertama adalah HTML5 UP. Situs ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga, faktanya HTML5 UP selalu menghadirkan template-template berkualitas baik dan memiliki desain yang modern. Sesuai namanya, semua template di situs ini dibangun dengan menggunakan HTML5.

Tercatat sudah ada 40+ template yang siap untuk digunakan, situs ini dibuat oleh @ajlkn yang sekaligus pemilik dari situs carrd.co. Semua template di situs ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 3.0, artinya kamu dapat menggunakan template-template di HTML5 UP untuk keperluan pribadi atau komersil, tapi dengan menyertakan credit HTML5 UP. Jika kamu ingin menghapus credit tersebut, kamu cukup membayar $19 untuk mendapatkan akses gratis untuk men-download seluruh template yang ada atau yang akan dirilis. Tapi, bukan di HTML5 UP, melainkan di Pixelarity.com untuk membayar dan men-download template-nya.

W3Layouts

Berikutnya W3Layouts, situs ini tidak asing lagi bagi para pemburu template gratis. W3Layouts memiliki banyak sekali pilihan template yang tersedia dan dengan berbagai macam kategori. Tercatat 3000+ template yang siap digunakan.

Semua template yang tersedia di situs ini dapat digunakan secara gratis untuk keperluan pribadi dan komersil. Secara langsung W3Layouts tidak menyebutkan lisensi mana yang mereka gunakan, namun mereka menuliskan atribusi yang perlu kamu ikuti mirip seperti Creative Commons Attribution 3.0, artinya kamu tidak boleh menghapus copyright yang terdapat pada setiap template, untuk dapat menghapus copyright setidaknya kamu harus melakukan donasi sekitar $10 untuk 1 domain.

UICookies

Terakhir UICookies. Sama seperti yang dua sebelumnya, situs ini menyediakan saat ini ada sekiranya 60 template gratis yang siap digunakan. Setiap template memiliki lisensi Creative Commons Attribution 3.0, artinya kamu dapat menggunakan template ini secara pribadi atau komersil, namun kamu tidak diizinkan untuk menghapus copyright yang ada pada template. Untuk menghapus copyright kamu dapat membayar sekitar $15 untuk 1 template dan 1 template dapat digunakan untuk 5 domain.

 

Final Words

Jika kamu punya refernsi lain, silakan tambahkan di kolom komentar. Untuk informasi lebih lanjutnya, silakan kunjungi masing-masing situs template tersebut. Semoga bermanfaat.

Digital Ocean baner

Muhamad Nauval Azhar

Syarifuddin St, Bogor 16115