Skill Level
Beginner
Categories
Web Development
Reading Time
2 minutes, 28 seconds
Technology
No technology
Framework
No framework
Library
No library
Web Development - Lebih Dari Sekedar Website

Web Development lebih dari sekedar website? Ya! Kenapa? Karena ketika kita membangun sebuah website, bukan hanya skill programming yang kita butuhkan. Namun, kita juga membutuhkan aspek-aspek lain seperti: Network dan Design.

Network

Ketika kita membuka halaman beranda Facebook maka kita akan melihat sebuah kolom input status di sana. Ketika kita membuat sebuah status maka akan otomatis muncul di halaman beranda tersebut, benar? Nah, ketika kita membuat sebuah status tersbut ada yang namanya proses input. Proses input ini yang akan menyimpan tulisan status kita kedalam website Facebook dan menampilkannya di halaman beranda. Inilah peran network atau jaringan dalam dunia pengembangan web yang intinya bagaimana website tersebut bisa menyimpan data, dapat diakses semua orang dan menjaga website itu tetap hidup.

Design

Masih pada Facebook, pada halaman beranda Facebook kita melihat kolom input status berada di atas dan kenapa tidak di bawah? Karena ini akan memudahkan pengguna untuk menuliskan statusnya dan bisa dibayangkan jika kolom input status tersebut berada dibagian bawah halaman beranda tentu itu akan menyulitkan pengguna ketika akan menuliskan statusnya karena perlu menggeser "scroll" kearah bawah terlebih dahulu. Inilah peran design dalam dunia pengembangan web yang intinya bagaimana membuat sebuah tampilan website itu menarik dan mudah digunakan.

Programming

Masih pada Facebook, pada saat kita ingin menampilkan status yang sedang kita tulis ke halaman beranda maka kita perlu menekan tombol "Post" yang terdapat pada kolom input status tersebut, benar? Di sinilah peran programming yang intinya meng-handle kegiatan suatu komponen pada website. Pada kasus ini adalah tombol "Post", tombol "Post" dapat menampilkan status yang kita tulis ke halaman beranda, karena sudah diberi fungsi tersebut atau sudah di program untuk melakukan kegiatan tersebut, kegiatanya apa? Yaitu menyimpan status yang kita tulis lalu menampilkannya ke halaman beranda. Bukan hanya tombol "Post" namun juga komponen-komponen lainnya, tentu setiap komponen memiliki fungsi nya masing-masing.

Topik:

Muhamad Nauval Azhar
5 months ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

Pecinta Alam (Mbah dukun)

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!