Skill Level
Beginner
Categories
Web Development
Reading Time
2 minutes, 42 seconds
Technology
No technology
Framework
No framework
Library
No library
Web Development - Apa Yang Saya Butuhkan?

Sekarang saatnya mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk memulai mempelajari ilmu web development. Tidak seperti menjadi video editor, game developer atau yang lainnya yang membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi.

Untuk memulai mendalami ilmu web development, kamu tidak perlu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Dengan spesifikasi komputer yang rendah saja kamu masih bisa untuk mulai belajar.

Menjadi pengembang web tidak memerlukan software dengan ukuran yang besar hingga 1GB lebih, yang kamu perlukan adalah,

Text Editor

Sebelum memulai mempelajari web development maka hal yang pertama kita perlu perhatikan adalah text editor. Banyak sekali di luar sana berbagai macam text editor dan setiap text editor biasanya memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari text editor yang memiliki ukuran ratusan MB, puluhan MB dan bahkan hanya beberapa MB saja.

Ada beberapa text editor rekomendasi dan yang banyak digunakan oleh programmer di antaranya ada Sublime Text, Visual Studio Code, Atom, Brackets dan Vim. Saya merekomendasikan untuk menggunakan Sublime Text dengan versi 3, kenapa? Karena Sublime Text adalah salah satu text editor yang memiliki ukuran sangat ringan pada versi terbarunya saja hanya memiliki ukuran kurang dari 10MB dan memiliki banyak fitur yang akan membantu produktivitas Anda dalam mengkode. Itulah kenapa text editor ini banyak digemari oleh programmer. Untuk mendapatkan Sublime Text kita dapat mengunduhnya di www.sublimetext.com

Browser

Sebagai pemula yang sedang belajar, kamu hanya perlu 1 browser saja yang perlu kamu install. Karena kedepannya, kamu dituntut untuk meng-install beberapa browser sekaligus. Untuk apa? Untuk menguji kompatibilitas lintas pramban atau cross-browser compatibility, tujuannya untuk menguji website yang kamu buat berjalan di semua browser yang sering digunakan, seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, IE dan Edge.

Kamu perlu meng-install browser modern dengan versi baru seperti Chrome agar tidak kebingunan bila kode yang kamu tulis nantinya tidak berjalan di browser tersebut.

Dan ...

Sebetulnya masih ada beberapa lagi yang perlu di-install untuk belajar web development, tapi untuk saat ini cukup Text editor dan browser sebagai sarana kamu dalam belajar.

Topik:

Muhamad Nauval Azhar
5 months ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

Pecinta Alam (Mbah dukun)

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!