Skill Level
Beginner
Categories
Web Development
Reading Time
2 minutes, 41 seconds
Technology
PHP
Framework
No framework
Library
No library
Say Hello With PHP

Hei! kali ini saya mau ngasih tutorial bagaimana menulis tulisan “Hello! i’m a good boy” dengan PHP. Emang apa sih PHP? PHP kepanjangan dari PHP: Hypertext Preprocessor bukan Pemberi Harapan Palsu yakk :D. PHP bahasa perograman server-side yang didesain untuk pengembangan web dan ditemukan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, itu cerita singkatnya mengenai PHP.

Selesai kenalan dengan PHP yuk kita buat program awal dengan PHP. Sebelum membuat program awal dengan php, kita wajib memiliki aplikasi web server dan aplikasi PHP yang terinstal pada komputer kita. Agar lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama dalam menginstal web server dan PHP saya sarankan untuk menginstal aplikasi Xampp pada komputer kita. Kenapa harus Xampp? cari aja ya di google tentang pengertian xampp :D. Xampp dapat didownload di situs resminya dan instal seperti menginstall aplikasi lainnya.

Beres dengan urusan web server dan aplikasi PHP, maka kita akan memulai membuat program pertama kita dengan PHP. Let’s go!!

Step by step

1. Buka aplikasi text editor yang biasa kamu gunakan.

2. Buat dokumen baru.

3. Tuliskan coding berikut:

<?php
echo "Hello! i'm a good boy";
?>

4. Simpan dokumen tersebut dengan format .php dan letakan di folder xampp/htdocs/program_pertama.

Contoh: Xampp saya ada di localdisk D:, lalu saya buat folder baru dengan nama program_pertama didalam folder D:/xampp/htdocs dan saya menyimpan dokumen diatas dengan nama index.php didalam folder program_pertama.

5. Dan jalanakan pada browser dengan mengetikan alamat http://localhost/program_pertama/.

Tidak bisa? jalankan dulu apache pada xampp. Caranya? buka xampp-control.exe yang ada di folder xampp yang baru saja kamu instal tadi dan klik tombol start pada bagian apache. Kemudian coba jalankan lagi dibrowser.

Output

Hello! i’m a good boy

 

Final Words

Selain membuat program awal dengan PHP diatas, kita juga bisa membuat banyak kesenangan dengan PHP seperti membuat CMS(Content Management System), System Inventory dan lain sebagainya. Kita akan bertemu dipostingan bertikutnya sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Topik:

Baca juga post berikut

Tutorial Membuat Line Chart Dengan Chart...

Mempelajari XMLHttpRequest (XHR) Pada Ja...

Muhamad Nauval Azhar
3 years ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

lorem ipsum dolor sit amet

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!