Skill Level
Beginner
Categories
Web Development
Reading Time
3 minutes, 47 seconds
Technology
PHP
Framework
No framework
Library
No library
Menghitung Jumlah Hari Dalam Bulan Dengan PHP

Beberapa saat yang lalu saya kebingunan bagaimana caranya untuk menampilkan jumlah hari dalam bulan-bulan tertentu. Saya pikir ini gila :v gimana bisa menampilkan jumlah hari di bulan-bulan tertentu. Tapi saya coba untuk mencari di mbah google, tapi ternyata banyak blogger” indonesia yang membuat artikel tentang kasus ini padahal biasa nya saya nyari di stackoverflow šŸ˜€ tapi berhubung udah ada, ya.. gak jadi.

Saya pun klik satu per satu link yang muncul di hasil pencarian google, yang saya temukan pada kasus ini ada dua cara yaitu, membuat fungsi sendiri di php atau memakai fungsi bawaan dari php yaituĀ cal_days_in_month dan saya pun menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan fungsi bawaan dari php.

Tanpa bishi bashi lagi, eh? maksudnya tanpa basa basi lagi ikutin nih coding yang saya buat, kalau bisa sih ketik ulang ya jangan di copy paste biar tamvan :v haha.

<?php
/**
 * Coding by Nauvalazhar.net
 */

$tahun = date('Y'); //Mengambil tahun saat ini
$bulan = date('m'); //Mengambil bulan saat ini
$tanggal = cal_days_in_month(CAL_GREGORIAN, $bulan, $tahun);

echo "Jumlah hari pada bulan saat ini adalah <b>{$tanggal}</b>";
?>

Fungsi diatas akan menampilkan hasil seperti ini.

Jumlah hari pada bulan saat ini adalah 31

Atau mau menampilkan diantara awal tanggal sampai akhir tanggal seperti ini.

<?php
/**
 * Coding by Nauvalazhar.net
 */

$tahun = date('Y'); //Mengambil tahun saat ini
$bulan = date('m'); //Mengambil bulan saat ini
$tanggal = cal_days_in_month(CAL_GREGORIAN, $bulan, $tahun);

for ($i=1; $i < $tanggal+1; $i++) { 
  echo $i . " ";
}

?>

Dan jadinya akan seperti ini.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31

Sedikit Penjelasan :

FungsiĀ cal_days_in_month diisi oleh 3 parameter calendar, month, year atau seperti ini cal_days_in_month(calendar, month, year) yang dimana calendar diisi oleh jenis kalender seperti, Gregorius (CAL_GREGORIAN), kalender Julian (CAL_JULIAN), kalender yahudi (CAL_JEWISH), dan kalender Perancis (CAL_FRENCH). Untuk kalender yang biasanya dipakai didunia termasuk Indonesia adalah kalender Gregorius atau CAL_GREGORIAN.

Pada coding pertama yang saya buat diatas adalah contoh untuk menmpilkan jumlah hari dari bulan dan tahun yang sedang digunakan saat ini dan itu hanya jumlah hari nya aja. Kalau di codingan saya yang kedua itu adalah contoh untuk menampilkan diantara awal tanggal sampai akhir tanggal dari bulan yang telah ditentukan jadi bukan hanya jumlah harinya saja melainkan, menjabarkan jumlah tanggal dari bulan tersebut mulai dari tanggal 1,2,3,4, dst… sampai akhir tanggal dari bulan tersebut.

Jadi udah paham kan tentang fungsi php yang satu ini? nah.. kalau udah paham bagus lah jadi saya gak usah jelasin panjang-panjang lagi, padahal saya mau jelasin lagi sampe halaman kedua.. tadi sih bilang paham jadi gak jadi deh :v haha. Oke menurut saya sudah cukup untuk artikel ini takut jadi long post :v sampai jumpa di artikel saya selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Topik:

Baca juga post berikut

Laravel Service Container & The Registry...

Jagalah Keharmonisan Team Kamu

Muhamad Nauval Azhar
4 years ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

lorem ipsum dolor sit amet

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!