Skill Level
No skill level
Categories
Story
Reading Time
4 minutes, 39 seconds
Technology
No technology
Framework
No framework
Library
No library
Cari Penghasilan Sampingan di Envato Market

Tulisan ini saya buat kamu yang skill pemogramannya lumayan oke, karena sesuai judul yaitu “Cari Penghasilan Sampingan di Envato Market”. Ketika mendengar Envato Market apa yang kamu pikirkan? Atau bahkan kamu belum pernah mendengarnya sama sekali?. Oke, saya jelasin sedikit. Jadi, Envato Market ini adalah pasar produk digital yang berdiri dibawah perusahaan Envato yang juga berbasis di Australia. Intinya, di Envato Market ini kamu bisa jualan produk-produk digital yang kamu buat, seperti: WordPress Theme, WordPress Plugin, Site Tempalte, PHP Script, dan sebagainya.

Envato market juga memiliki situs-situs lain dibawahnya untuk meng-kategorikan produk digital yang kita jual disana, misal kamu punya hobi membuat template website atau tema WordPress maka kamu bisa jual di themeforest.net atau kamu punya hobi membuat sesuatu yang unik dengan PHP maka kamu bisa jual di codecanyon.net atau kamu punya hobi membuat efek-efek video atau motion graphic maka kamu bisa jual di videohive.net atau kamu punya hobi membuat lagu maka kamu bisa jual di audiojungle.net atau kamu punya hobi men-desain atau membuat gambar-gambar vektor maka kamu bisa jual di graphicriver.net atau kamu punya hobi foto-foto maka kamu bisa jual hasil jepretan kamu di photodune.net atau yang terakhir misal kamu punya hobi membuat objek 3 dimensi maka kamu bisa jual di 3docean.net.

Nah, themeforest, codecanyon, videohive, audiojungle, graphicriver, photodune dan 3docean itu adalah termasuk situs-situs yang ada di Envato Market. Jadi intinya kalau kamu mau cari penghasilan tambahan maka kamu tinggal sesuaikan skill kamu dengan salah satu digital marketplace di Envato market tersebut.

Untuk bisa menjual produk yang telah kita buat ke salah satu market di Envato bukanlah hal yang mudah, karena setiap item atau produk yang kita submit maka akan menjalani proses review terlebih dahulu agar dapat memutuskan bahwa produk yang kita submit apakah sudah sesuai dengan standard di Envato market atau belum.

Oh iya, tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai author di Envato market. Saya aktif jualan di Envato market sejak awal 2016, yang saya jual adalah skrip-skrip berbasis PHP karena proses review nya agak cepat paling lama 1 minggu. Item saya di-submit  ke codecanyon dan item pertama saya ditolak mentah-mentah karena menurut mereka tidak sesuai standard padahal waktu itu saya sudah menunggu sekitar 1 minggu lebih.

Di Envato market ini ada istilah soft-reject dan hard-reject. Kalau item yang kamu submit ini mendapat balasan soft-reject maka berarti item kamu masih boleh di-submit ulang dengan menambahkan beberapa perbaikan yang dianjurkan oleh reviewer dan kalau item kamu ini mendapat balasan hard-reject maka berarti item kamu benar-benar sudah tidak layak berada di Envato market alias tidak bisa di-submit ulang.

Agar kamu bisa bersiap-siap maka kamu bisa baca-baca disini bagaimana menjadi author di Envato market dan men-submit item pertama kamu dan kamu juga bisa melihat disini untuk estimasi waktu masa review item kamu.

Saran dari saya buatlah produk digital yang benar-benar orang lain butuhkan bukannya yang kamu butuhkan, karena itu akan banyak menarik calon pembeli dan pastikan item yang akan kamu submit untuk di-review sudah benar-benar siap untuk di-review karena kalau tidak kamu tidak bisa mengubahnya kecuali kamu men-submit ulang item kamu dan menunggu lama lagi.

Final Words

Ketika produk kamu ditolak maka janganlah berkecil hati itu bisa menjadi pelajaran baik buat kamu agar bisa memmbuat produk digital yang lebih baik dari sebelumnya. Dan ketika produk kamu sudah berhasil di approve maka kamu harus sabar ketika menunggu pembeli yang tak kunjung datang. Semoga bermanfaat.

Topik:

Baca juga post berikut

Implementasi HTML5 Geolocation, Mendetek...

Laravel Service Container & The Registry...

Muhamad Nauval Azhar
11 months ago  •  Posted by
Muhamad Nauval Azhar
Junior Programmer

Pecinta Alam (Mbah dukun)

Dapatkan notifikasi untuk setiap artikel baru dan jadilah yang pertama tahu!